Selasa, 23 Oktober 2012

MacOS

Apple Macintosh diluncurkan pada tahun 1984 dengan iklan televisi berjudul 1984 yang didasarkan dari novel karya George Orwell yang juga diberi nama 1984, dengan pernyataan, “On January 24, Apple Computer will introduce Macintosh. And you’ll see why 1984 won’t be like ’1984′ ” รข€” maksud dari kata-kata tersebut adalah Macintosh yang baru akan membebaskan komputer dan informasi dari kekangan perusahaan besar dan technocrats. Apple juga membuahkan konsep pewarta Apple (Apple evangelist) yang dipelopori oleh karyawan Apple bernama Guy Kawasaki.
•    System 0.0-1.1, diperkenalkan pada tahun 1984. Merupakan versi pertama dari Mac OS.  sistem ini meletakkan dasar layout  GUI / aturan bagi banyak OS yang akan datang. Karena Macintosh adalah satu-satunya perangkat keras yang akan menjalankan Mac OS, itu hanya terpasang di Mac dan tidak pernah dibagikan.
•    System versi 2.0-5.x, diperkenalkan antara tahun 1985 dan 1987
•    System 6, diperkenalkan pada tahun 1988.
System 6 terlihat hampir sama dengan nenek moyangnya, tetapi memperkenalkan beberapa hal-hal kecil. Sebagian besar perubahan dalam revisi ini adalah “Under The Hood” dan tidak jelas bagi pengguna rata-rata.
•    System 7, diperkenalkan pada tahun 1991. merupakan terobosan pertama dalam beberapa revisi dan penambahan fitur yang besar. OS ini juga menggunakan ikon 256-warna yang lebih bagus, serta dukungan untuk lebih multimedia dengan dukungan Quicktime dan meningkatkan konektivitas internet.
•    System 7.5 diperkenalkan pada tahun 1994. Versi ini sebagian besar sama dengan 7, tetapi memiliki sejumlah perbaikan, yaitu stabilitas dan konektivitas internet.
    System 7.6, diperkenalkan pada tahun 1997. System 7.6 memasukkan interface baru “Platinum”, yang dicangkokkan pada proyek dari Apple Copland.
•    Mac OS 8, diperkenalkan pada tahun 1997. Mac OS 8 adalah sistem pertama yang secara global disebut sebagai Mac OS. Terdapat perbaikan di banyak bidang, terutama dalam konektivitas internet dan multimedia. OS ini juga memakai interface ikon baru Platinum, yang diambil dari proyek next-generation Apple OS yang gagal, yang dinamakan Copland
•    Mac OS 8.5, diperkenalkan pada tahun 1998. Ini termasuk perbaikan ikon 32-bit platinum dan sistem tema baru yang memungkinkan pengguna untuk memilih interface yang disukainya, dan juga termasuk Sherlock, sebuah program untuk mencari di internet dan file lokal.
•    Mac OS 9, diperkenalkan pada tahun 1999. Dengan beberapa perbaikan bug dan Sherlock 2. Sementara kemampuan tema masih ada, semua tema selain Platinum dipindahkan dari instalasi default. Ini adalah versi Mac OS yang pertama kali dirilis untuk mendukung beberapa pengguna.
•    Mac OS X Public Beta diperkenalkan pada tahun 2000. OS ini menggunakan GUI baru dijuluki “Aqua” dan disertai dengan banyak fitur yang ada di Mac OS rilis sebelumnya.
•    Mac OS X 10.0 “Cheetah”, diperkenalkan pada tahun 2001. Adalah rilis resmi pertama dari Mac OS X. Berubah banyak hal dari OS X Public Beta dan ditambahkan/diubah banyak fitur sebagaimana yang diminta oleh para pengguna Public Beta. Walaupun masih bermasalah, OS ini jauh lebih stabil daripada versi beta.
•    Mac OS X 10.1 “Puma”, diperkenalkan pada tahun 2001. Merupakan suatu rilis bugfix, tetapi Apple berhasil untuk menambahkan beberapa fitur kecil seperti posisi.
•    Mac OS X 10.2 “Jaguar”, diperkenalkan pada tahun 2002. Adalah update besar-besaran, yang memperbaiki ratusan minor bugs, sangat meningkatkan stabilitas, dan umumnya mempercepat seluruh sistem.
•    Mac OS X 10.3 “Panther”, diperkenalkan pada tahun 2004. Adalah update yang luar biasa. OS ini memakai banyak fitur yang berguna seperti Expose, FileVault, Fast User Switching, iChat AV, dan Finder yang diupdate.
•    Mac OS X 10.4 “Tiger”, diperkenalkan pada tahun 2005. Versi ini memakai fitur-fitur baru seperti Dashboard, Core Image, Safari 2.0, dan all improved Mail.
•    Mac OS X v10.5 “Leopard” ini dirilis pada 26 Oktober 2007. OS ini disebut oleh Apple “update terbesar dari Mac OS X” dan membawa lebih dari 300 fitur baru. Leopard mendukung PowerPC-dan Intel x86 berbasis komputer Macintosh, tetapi dukungan untuk prosesor G3 dilepas dan diperlukan prosesor G4 minimum tingkat clock 867 MHz, dan setidaknya 512 MB RAM yang akan diinstal.
•    Mac OS X v10.6 “Snow Leopard”, dirilis pada 28 Agustus 2009. Mac OS X Snow Leopard berfokus pada perubahan “Under the Hood”, meningkatkan kinerja, efisiensi, dan stabilitas sistem operasi. Untuk kebanyakan pengguna, perubahan yang paling terlihat adalah: ruang disk yang membebaskan sistem operasi setelah menginstal yang bersih dibandingkan dengan Mac OS X 10.5 Leopard, Finder yang lebih responsif, Time Machine backup yang lebih cepat, lebih dapat diandalkan dan user friendly, versi yang lebih kuat dari aplikasi “Preview”, serta browser web Safari yang lebih cepat.

versi MacOS yang akan datang adalah:


MacOS X 10.6.3 build (10D538)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar