Selasa, 23 Oktober 2012

ABOUT LINUX

UNIX merupakan salah satu sistem operasi yang mengawali lahirnya Linux ke dunia ini. UNIX merupakan salah satu sistem operasi yang ada saat ini, juga merupakan salah satu sistem operasi populer selain keluarga raksasa Microsoft (mulai dari DOS, MS 9x sampai Vista), Novell, OS/2, BeOS, MacOS dan lainnya.
UNIX lahir pada tahun 1970 yang kemudian berkembang menjadi OS Linux 0.01 pada bulan agustus 1991 oleh Linus Torvalds karena UNIX dirasa sudah cukup matang. Dan pada tanggal 5 oktober 1991 lahirlah Linux 0.02.
Versi versi linux diantaranya:
1.    RedHat
Distribusi yang paling populer, minimal di Indonesia. RedHat merupakan distribusi pertama yang instalasi dan pengoperasiannya mudah.
2.    Debian
Distribusi yang mengutamakan kestabilan dan kehandalan, meskipun mengorbankan aspek kemudahan dan kemutakhiran program. Debian menggunakan .deb dalam paket instalasi programnya.
3.    Slackware
Merupakan distribusi yang pernah merajai di dunia Linux. Hampir semua dokumentasi Linux disusun berdasarkan Slackware. Dua hal penting dari Slackware adalah bahwa semua isinya (kernel, library ataupun aplikasinya) adalah yang sudah teruji. Sehingga mungkin agak tua tapi yang pasti stabil. Yang kedua karena dia menganjurkan untuk menginstall dari source sehingga setiap program yang kita install teroptimasi dengan sistem kita. Ini alasannya dia tidak mau untuk menggunakan binary RPM dan sampai Slackware 4.0, ia tetap menggunakan libc5 bukan glibc2 seperti yang lain.
4.    SuSE
Distribusi yang sangat terkenal dengan YaST (Yet another Setup Tools) untuk mengkonfigurasi sistem. SuSE merupakan distribusi pertama dimana instalasinya dapat menggunakan bahasa Indonesia.
5.    Mandrake
Merupakan varian distro RedHat yang dioptimasi untuk pentium. Kalau komputer kita menggunakanpentium ke atas, umumnya Linux bisa jalan lebih cepat dengan Mandrake.
6.    WinLinux
Distro yang dirancang untuk diinstall di atas partisi DOS (WIndows). Jadi untuk menjalankannya bisa di-klik dari Windows. WinLinux dibuat seakan-akan merupakan suatu program aplikasi under Windows.
Versi Linux yang akan datang adalah FAV OS atau lebih dikenal dengan sebutan nama Falisav Operating System yang akan hadir tahun 2014. sistem operasi ini akan menjadi salah satu karya sang programmer Fajar Muhammad Farhan sekaligus CEO TheRealivingDeal Company yang terbagus setelah berpisah dengan pemprograman bahasa basic. FAV OS mungkin akan lama keluar karena nantinya FAV OS akan didesain untuk Operating System untuk PC Windows, MAC, dan Tablet PC dan SmartPhone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar